Be grateful for whoever comes, because each has been sent, as a guide from beyond.

Kutipan puisi “Guest House” dari Jalaludin Rumi dijadikan sebagai penutup keseluruhan surat-surat yang dikirim Daniel Gottlieb untuk cucu tersayangnya, Sam. Melalui surat-suratnya Daniel mengajarkan mengenai kehidupan dan manusia itu sendiri. Bukan hanya Sam, yang dapat banyak pemahaman mengenai kehidupan, kita sebagai pembaca pun bisa memetik hikmah dari setiap surat-suratnya.

Letters to Sam - Daniel Gottlieb

Pengalaman yang membuat Daniel bijaksana dan memahami mengenai kehidupan. Kadang kita perlu “disentil” untuk paham mengenai hidup itu sendiri. Saya yakin kita bisa menjadi seperti Daniel yang kerap menemukan nilai-nilai dalam perjalanan hidup kita.

Selama 28 tahun perjalanan hidup saya, saya baru bisa menemukan bahwa akhirnya permasalahan yang saya hadapi, kejadian-kejadian yang selama ini saya alami mengantarkan saya kepada 2 nilai kehidupan yaitu sabar dan ikhlas.

Saya jadi teringat sebuah iklan asuransi dari Thailand yang sangat menginspirasi, mengajarkan mengenai “nilai kehidupan”.

Apa nilai kehidupan kalian?

::just an ordinary me::

