karya Ivan Turgenev

Cinta Pertama adalah karya penulis Rusia yang pertama saya baca. Dan saya sangat sangat menyukainya. Kata-kata yang ditorehkan Turgenev sangat indah, sehingga membuat saya sering lupa bernafas. Rangkaian katanya benar-benar terjalin indah.

Sedikit terganggu dengan banyaknya typo di edisi ini tapi itu tidak menghentikan saya untuk terus membacanya. Kisah cinta pertama seorang pemuda bernama Vladimir sudah terlalu memikatku.

Dengan tersirat Turgenev menceritakan kehidupan dari tokoh utama bernama Vladimir. Permasalahan dengan Ayahnya, perasaan “sendiri & terasing” Vladimir yang digambarkan melalui kata-kata indah yang sebenarnya membuat saya yang membacanya merasa kasihan dengan Vladimir.

Saat Vladimir mengenal cinta, ternyata semua tak berjalan mulus. Melalui Cinta Pertamanya Vladimir mengenal cinta lengkap dengan paketnya; pengorbanan, kecemburuan, kasih sayang, persaingan, kebimbangan. Apakah Vladimir menyesali karena mengecap Cinta Pertama? Karena perasaan cinta itu telah membuatnya “melihat sesuatu”, “merasakan sesuatu”?

Pepatah mengatakan “Cinta pertama tidak akan mati” tapi kau akan seperti orang mati apabila tidak merasakan cinta…

::just an ordinary me::
Advertisements