oleh Susanna Clarke

Ok…entah apa yang membuat saya untuk membeli buku ini dan memutuskan untuk membacanya. Yang pasti saya hanya mengikuti feeling saja. Dan, feeling saya tidak salah.

Clarke, penulisnya memang mengangkat cerita dengan tema yang familiar yaitu penyihir dan sihir. Dan pasti yang terbersit pertama kali saat khalayak tahu temanya langsung merujuk ke buku-buku berjenis sama. Dan, itu pula yang terbersit oleh saya di awal.

Mencoba memulai membaca kisah di buku ini dengan mengenyampingkan segala jenis pikiran dan praduga. Dan ternyata saya menikmatinya. Banyak catatan kaki yang dibuat penulisnya sendiri seakan mengukuhkan fakta yang terjadi di setiap cerita membuat buku ini seperti nyata. Meramu kisahnya dengan mencantumkan kejadian-kejadian penting yang terjadi di awal abad 19 di Inggris, permusuhan dengan Perancis khususnya dengan Napoleon Bonaparte serta Pertempuran di Waterloo.

Di mana setiap jilidnya Clarke membangun satu tokoh secara perlahan, membuat saya bertanya-tanya bagaimana akhir nasib dari tokoh yang ada?

Dan Clarke, memberikan penutup yang pas yang menjadi jawaban dari semua pertanyaan yang terbersit saat membaca buku ini.

Satu lagi, buku ini juga sering membuat saya tersenyum, cekikikan, sebel, marah. Yup, saya merasuk ke dalam cerita ini. Clarke sukses membawa saya ke dalam dunia Jonathan Strange & Mr. Norrel.

NB: Mau baca versi aselinya 🙂

:: just an ordinary me ::

Advertisements