karya Hella S. Haassee

Apakah sudah terlambat? Apakah aku selamanya akan jadi orang asing di tanah kelahiranku, di bumi yang tak ingin aku tinggalkan?

Apa arti dari tanah kelahiran? Itu yang jadi pertanyaan di benak saya setelah membaca kisah ini. Sama kah tanah kelahiran dengan status kewarganegaraan?

Dimana tokoh “Aku” merasa Hindia adalah tanah kelahiran, tanah yang Ia cintai, tanah yang membentuk dirinya, tanah yang mengajarkan banyak hal, tanah yang menciptakan suka & duka, tanah yang memberikannya kehidupan. Dan “Aku” sendiri bukanlah “inlander”, dia seorang Belanda, anak seorang “administrateur”, yang notabene membuatnya menjadi seorang “sinyo” walaupun “Aku” selalu merasa dirinya “Inlander”. Dan kenyataan itu mulai nampak jelas di mata “Aku” seiringan dengan waktu.

Ia tidak pernah mau merasa berbeda dengan penduduk Hindia, nyatanya “Oeroeg” sahabatnya sendiri mulai memandangnya dengan berbeda.

“Oeroeg”, tokoh ini mengingatkan saya akan “Tito” dalam “Burung-Burung Manyar” karya YB Mangunwijaya. Saya melihat Oeroeg, yang tidak memiliki ketegasan sikap, yang bingung menempatkan dirinya. Plin-plan. Oeroeg kecil yang memandang dunia dengan khas anak-anak, tanpa mempedulikan perbedaan antara dia dan “Aku”. Oeroeg remaja yang merasa menjadi “Indo” adalah suatu kebanggaan sehingga membuatnya melupakan asal usulnya dan Oeroeg dewasa yang nasionalismenya berkobar. Atau memang di masa itu terjadi krisis identitas karena ketidakjelasan nasib tanah yang ditinggali? Mungkin.

Apakah Oeroeg mempunyai kesamaan pikiran dalam memaknai arti Tanah Kelahiran dengan tokoh “Aku”? Saya berharap Oeroeg memaknai sama dengan “Aku”. Tanah kelahiran, tanah yang menghembuskan nyawa dan kehidupan dalam raga.

Oia..satu hal lagi. Nggak tau dech sama dengan yang lain atau tidak. Selain mengenai tanah kelahiran, ada yang saya tangkap lagi dari kisah ini. Saya melihat kisah ini sebenarnya menceritakan “Aku” dengan menggunakan “Oeroeg” sebagai penggambaran perkembangan jati diri serta kehidupan seorang “Aku”.

:: just an ordinary me ::

Advertisements