rm.jpgrm.jpgrm.jpgGw bingung harus memulai dari mana untuk menceritakan buku ini. Buku ini terlalu membius gw dalam petualang yang bener bener gila. Saat membaca buku ini gw masih tidak percaya kalau buku ini dilahirkan dari seorang penulis Indonesia E.S. ITO namanya. Kayanya nggak mungkin ada penulis Indonesia yang bisa menghasilkan tulisan sedahsyat ini *bukan meng-under estimate penulis Indonesia ya*. Membuat sesosok E.S. ITO masuk dalam jajaran penulis favorit gw setelah Alfred Hitchcok (kyanya gw salah nulis namanye dech hihihi) dan Clara Ng.

Bisa dibilang genre buku ini Fiktif Sejarah, ceritanya berdasarkan rangkaian sejarah Indonesia yang benar benar akurat, Fakta sejarah benar benar diungkapkan detail sekali oleh E.S. ITO. Gw aja nggak ngeh dengan kejadian-kejadian tersebut. Buat pecinta cerita yang berbau-bau petualangan, teka-teki, thriller & suka mikir 🙂 HARUS, MESTI, KUDU baca ini buku, gw jamin nggak bakalan menyesal *trust me*.

Buku ini menceritakan tentang pencarian Harta Karun VOC di perut bumi Indonesia, yang katanya harta itu bisa membuat Indonesia melunasi semua hutang-hutang Luar Negeri dan menjadi negara terkaya…wonder if that treasure really there ???? Ditemukannya terowongan di bawah tanah Jakarta plus dibarengi dengan tejadinya pembunuhan berantai dimana yang menjadi korbannya adalah orang yang berpengaruh di Indonesia, jejak yang tertinggal hanyalah sebuah pesan yang di dasari dari ”Tujuh Dosa Sosial Gandhi” dan semuanya dibunuh didaerah yang berawalan B ; Brussel, Bukit Tinggi, Bangka, Boven Digoel, Banda Besar, Batavia dan B ………… Paduan yang jenius menurut gw, mengungkap Rahasia Meede plus harus menerka nerka siapa pembunuh misterius itu. Cerita ini sangat mengalir, membuat gw terus membalik halaman-halaman berikutnya tanpa tedeng aling-aling rasa penasaran gw sudah merasuk ke dalam jiwa gw. Terlalu banyak teka teki ”rahasia” di buku ini, membuat gw jadi ikut terlibat dalam perjalanan panjang seorang Batu, ikut memikirkan semua petunjuk petunjuk yang ditemukan aaarrrrrgggghhhh susah bener si gw mau cerita, terlalu banyak yang gw rasakan sampai sampai gw merasa pikiran dan jiwa gw tidak sanggup untuk menampung euphoria yang gw rasakan, sumpe ini buku total membius gw untuk merasuk kedalam ceritanya. E.S. ITO memang dahsyat dan pintar membawa pembacanya khususnya gw untuk terus mereka-reka hingga di akhir halaman atau bahkan menyatu dengan petualangan ini. Mencari cari siapa yang jahat siapa yang benar. Penulisnya membuat kita terfokus dalam satu sosok untuk waktu yang lama, hingga pelan pelan E.S. ITO mulai mengungkapkan kemungkinan kemungkinan lain. Kejadian yang menjadi terjalin satu sama lain, saling berhubungan hingga menuju satu akhir. Damn..tebakan gw banyak yang salah tapi ada beberapa yang nggak miss, seperti saat gw menebak letak dari Rahasia Meede hahaha setidaknya gw benar satu. Gw masi penasaran terhadap satu tokoh ”Siapa Guru Uban itu ???” penjelasan di akhir halaman masih merundung banyak pertanyaan, sosok asli Guru Uban.

Sebenarnya ini merupakan buku ke duanya E.S. ITO, buku pertamanya berjudul NEGARA KELIMA, ceritanya tidak jauh berbeda tetap dengan genre fiktif sejarah dan penuh teka teki, mencari Atlantis-nya E.S. ITO. Negara Kelima sudah tergeletak di meja gw, menanti seorang Reza untuk menelanjangi nya, tapi gw belum ada kekuatan untuk memulainya. Gw masih merasakan euphoria berpetualang bersama Batu dan Kalek dalam menguak Rahasia Meede. Mereka telah membius gw dengan halus. Jiwa dan pikiran gw masih melanglang buana bersama sosok Batu dan Kalek, jiwa ini sepenuhnya belum menjadi milik gw. Rahasia Meede benar benar membuat gw tenggelam dalam imajinasi. Buku ini patut menyandang Best Seller bukan sekedar Best Seller tapi lahirnya sastra baru, genre baru dan pemikiran baru. Indonesia sudah seharusnya punya penulis sehebat E.S. ITO.

Hebat, Dahsyat, Jenius, Spektakuler, Memabukan, Gila, Kritis…mungkin itu yang bisa gw gambarkan tentang Rahasia Meedee.

:: Just an Ordinary Me ::

