Mungkin kita sering mendengar kata dress code, tapi banyak juga diantara kita yang belum memahami benar apa itu dress code? termasuk gw.  Nah…gw mo share sedikit aja pengetahuan gw tentang dress code…ngak handal-handal banget sih, secara gw bukan seorang designer.  Yach..gw tahu sedikit-sedikit dari buku-buku, majalah, tv yang pernah gw lihat. Nah..gw coba rangkumin ya…moga-moga membantu dan sedikit mempertebal pemahaman kita mengenai dress code.

Satu hal PENTING yag perlu dipahami dan diingat, yaitu  dress code ini ditujukan pada kaum pria. Lalu, untuk wanitanya harus menyesuaikan dan mengikuti dengan dress code pasangannya. Berikut panduannya :

Black Tie

artinya para pria harus mengenakan jas hitam lengkap dengan dasi kupu-kupu (tuxedo), terkadang ada pula yang dilengkapi dengan ”sas” (bener gk ya tulisannya, maaf ya kalo salah) yaitu kain dari bahan satin yang melingkar di pinggang seperti ikat pinggang.  Untuk wanitanya, sebaiknya memakai Evening Gown, yaitu gaun malam yang panjangnya hampir menyapu lantai (ballgown atau long dress).

Dinner Suit

maka para pria mengenakan setelan jas jenis double breast dan wanitanya memakai Evening Dress yaitu gaun resmi dengan panjang yang beragam: mini, midi atau maxi.

Lounge Suit

biasanya untuk acara informal atau setengah resmi.  Lounge Suit yang dimaksud disini adalah setelan jas dan celana panjang yang berbahan dan warna sama plus dasi, serta dapat digunakan baik di siang hari atau pun malam hari.  Nah, untuk pasangannya HARUS diperhatikan karena padanan dari Lounge Suit ini bisa dengan Evening Wear atau Cocktail Dress.  Lalu, kapan untuk menggunakannya? Dapat dilihat dari undangannya, apobila di dalam undangan tercantum lambang resmi (misalnya lambang negara atau kerajaan) maka si wanita harus mengenakan Evening Wear,  yaitu gaun sebatas lutut yang penampilannya lebih festive. Tapi bila tidak tercantum lambang pada undangannya, maka disarankan untuk menemani Lounge Suit ini adalah Cocktail Dress, gaun yang panjangnya pas di bawah lutut atau celana panjang dengan tambahan cardigan di atasnya.

Smart Casual

pada kesempatan ini para pria biasanya akan mengenakan jas –tanpa dasi- dari bahan yang agak ringan seperti linen.  Sementara si wanita pilihannya lebih bervariasi antara celana panjang atau rok. Atasannya bisa berbagai blus berbahan ringan atau bisa juga menggunak Short Dress.  Kaos is a big no-no untuk dress code ini.

Casual Wear

untuk dress code yang satu ini untuk pria dan wanitany diberi kebebasan, bisa menggunakan kaos atau jeans. Terkadang dress code nya juga bisa berupa Sport Wear atau Resort Wear.

Batik

untuk yang ini, sepertinya semua sudah paham dan tidak perlu penjelasan yang lebih.  Intinya si pria mengenakan Batik Lengan Panjang dan wanita sebaiknya mengunakan kebaya.

:: Just an Ordinary Me ::

Advertisements