tanggal 5 mei kemarin gw baru saja menjalani perjalanan bisnis panjang gw…bukan karena harinya yg lama..tapi perjalanannya yg panjang…

diawali keberangkatan gw ke balikpapan yg delay 3 jam karena technical engine pesawat..gw bersyukur pilot pesawat tersebut sangat memperhatikan keselamatan..akhirnya ganti pesawat dech…Sampe balikpapan sudah jam 12 malam waktu Balikpapan dan gw msi harus menempuh perjalanan 5 jam via darat ke Bontang. Gw excited banget…mungkin krn ini my first trip ke 3 kota tersebut..Walhasil gw gk bisa tidur sama sekali selama perjalanan krn penasaran sama pemandangannya…Malem bgt sihh n gelap tpi gk tau knp pada saat itu gw merasa gila ini view pasti bagus banget klo ada matahari…jalananny berbukit-bukit, hanya dilalui oleh 2 jalur kendaraan saja, berkelok-kelok n “Ci Luk Ba” pula lagi…kiri kanan hanya hutan…wierd gw gk ngerasa takut lewat hutan dini hari….yg gw rasa hanya keindahannya di waktu malam..sinar rembulan yg berwarna perak menerpa pohon-pohon *yg gw sdr gk tau namanya*. Semakin menakjuban kala sang matahari yg bersinar kleemasan mulai menggantikan *sinar perak rembulan* wow…speechless banget gw….

Menyebrangi sungai Mahakam yg sangat lebarrrrr viewnya di waktu malam itu…ampun romantis banget…takjub abizzz gw….*kya malam di pinggiran sungai rhine di Prancis* gak usah2 jauh..Indonesia juga punya kok.

Begitu sampai Bontang..melihat pabrik pupuk kaltim dengan lampu-lampu malamnya…wow…keren banget….Pada saat perjalanan pulang ke Jakarta di sore hari…feeling gw bener waktu bilang pemandangannya gk kalah keren klo siang hari…rasa capek & lelah bener2 hilang begitu saja..seperti sulap..hanya dalam sedetik gw merasa damai, tenang..segar…bener2 refresh banget….Hutannya bener2 rindang *gile ni hutan lebat banget yach* tpi yang sempet buat gw shock driver yang mengantar gw bilang..”wah…bu..ini sich hutannya sdh habis ditebang?” dalam hati gw bilang “masa sih…segini lebatnya dibilang sdh habis???? Gk kebayang waktu masih lebat”…”Pak…ini daerah apa yach?”..”oh..itu penghasil batu bara terbaik di dunia, batubara yg dari kota *maaf gw lupa nama kotanya, saking semua kota penung dgn tambang* harganya sangat mahal…malah dulu klo musim panas suka tjd kebakaran”…”kebakaran? maksudnya karena musim kemarau?”…”Bukan..bu..tapi karena batu baranya ada yg bermunculan di tanah, jadinya terbakar karena sengatan panas”…dalam hati gw batin “plis dech tuch batubara kga perlu digali”…Supir itu bilang lagi ke gw”Tapi sedihnya bu…semua ini yang punya orang bule…tidak banyak pabrik yang punya lokal”

Banyak makna yg gw dapet dlm perjalanan ini…betapa besar, megah dan sayang TUHAN sama bangsa Indonesia..bumi Indonesia tuch indah n bener2 kaya banget….tpi kok rakyatnya gak makmur yach???? Perjalanan ini buat gw ingin mengucapkan ke seluruuh dunia…Gw Cinta Indonesia…..

